Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah adalah salah satu dari Asyhurul Hurum (bulan-bulan haram). Bulan Dzulhijjah yang merupakan bulan terakhir dalam tahun Hijriah adalah salah satu dari Asyhurul Hurum (bulan-bulan haram), yang manusia dilarang (diharamkan) untuk memulai peperangan, kecuali dalam keadaan membela diri dan terdesak. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram. (QS. Al Maa’idah: 2)

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: Setahun ada 12 bulan, di antaranya terdapat 4 bulan haram: tiga yang awal adalah DzulQadah, DzulHijjah, dan Muharram. Sedangkan Rajab yang penuh kemuliaan antara dua Jumadil dan Syaban. (HR. Bukhari)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitab tafsirnya mengatakan bahwa tiga bulan haram yang berurutan (yaitu Dzulqadah, Dzulhijjah, dan Muharram) terkait dengan pelaksanaan ibadah haji; mulai dari persiapan, pengkondisian, serta perjalanan berangkat dan pulang. Sementara bulan Rajab yang terletak di tengah-tengah tahun, diharamkan (disucikan) karena saat itu (pertengahan tahun) sudah menjadi kebiasaan bagi orang-orang yang berada di pelosok Jazirah Arabia untuk berziarah ke Masjidil Haram.

Di dalam bulan-bulan haram, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak taubat, menjauhi segala bentuk maksiat dan dosa, serta memperbanyak amal shalih (bukan hanya yang fardhu saja, melainkan juga amal-amal sunah).

Keutamaan 10 hari pertama bulan zulhijjah dan amalan nya


Oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin

Segala puji bagi Allah semata, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah, Nabi kita Muhammad, kepada keluarga dan segenap sahabatnya.

روى البخاري رحمه الله عن ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام – يعني أيام العشر - قالوا : يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله ؟ قال ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ثم لم يرجع من ذلك بشيء

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, rahimahullah, dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu 'anhuma bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun".

وروى الإمام أحمد رحمه الله عن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ما من أيام أعظم ولا احب إلى الله العمل فيهن من هذه الأيام العشر فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد
وروى ابن حبان رحمه الله في صحيحه عن جابر رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: أفضل الأيام يوم عرفة.

"Imam Ahmad, rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid".

Bulan Zulhijjah

Bulan Zulhijjah

Niat Puasa Bulan Zulhijjah


Niat Puasa Zulhijjah

Niat Puasa Zulhijjah

Niat Puasa Arafah

Puasa Arafah

Niat Puasa Ayyamul Bidh


Puasa Ayyamul Bidh

Cearamah Ustadz Adi Hidayat Lc MA Keutamaan Bulan Zulhijjah


Lihat postingan ini di Instagram

⁣ Rahasia 9 Dzulhijjah⁣ ⁣ إن شاء الله⁣ Ustadz Adi Hidayat akan mengutarakan "Rahasia 9 Dzulhijjah"⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣ Apa saja keistimewaan yang ada pada tanggal 9 Dzulhijjah⁣ Mengapa sangat spesial tanggal 9 Dzulhijjah itu⁣ Amalan apa saja yang dianjurkan dilakukan di hari itu ?⁣ ⁣⁣ ⁣ﷲ سبحانه و تعالى⁣ Mencintai ibadah puasa, terlebih di tanggal 9 Dzulhijjah ini⁣ dan Allah pun mencintai hambanya yang menunaikan ibadah Haji⁣ namun kita tidak semua diberi kemampuan pada saat ini untuk menunaikan serangkaian Ibadah Haji yang memiliki pahala spesial itu.⁣ Adakah ibadah lain yang pahalanya setimpal seperti ibadah haji tersebut?⁣ ⁣ Semoga kita diberikan kekuatan oleh ⁣⁣⁣⁣ﷲ سبحانه و تعالى memberi kita kesadaran akan cintanya Allah kepada kita melalui ampunan Allah, dan melalui serangkaian ibadah yang Allah buat untuk kita, untuk hambanya yang sangat Allah cintai⁣ ⁣⁣⁣⁣ Manfaatkan kesempatan hari 9 Dzulhijjah ini dengan memanjatkan doa dan meminta ampunan kepada Allah.⁣ ⁣ semoga ﷲ سبحانه و تعالى memaafkan dan mengampuni dosa kita yang telah lalu dan senantiasa menjaga kita agar kita tidak terjerumus kedalam dosa yang serupa bahkan lebih berat.⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Simak Penjelasan dari Ustadz Adi Hidayat Lc,. MA⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ بَارَكَ اللهُ فِيْكُم⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Sebarkan seluas-luasnya kebaikan dengan share video ini, subscribe channel dan aktifkan notifikasi untuk mendapatkan ilmu dan informasi terbaru dari Ustadz Adi Hidayat, Lc., MA.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Jazakallah Khairan Katsiran⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #uah⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #iduladha⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #qurban⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #Dosa⁣ #AmpunanAllah⁣ #ustadzadihidayat⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #kajianustadzadihiayat⁣⁣⁣⁣ #tanyaustadzadi⁣⁣ #dzulhijjah
Sebuah kiriman dibagikan oleh Adi Hidayat (Official) (@adihidayatofficial) pada

Post a Comment for "Keutamaan Bulan Dzulhijjah"

Berlangganan via Email