Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Shalat Fardhu Lima Waktu

 

Sholat fardhu

Shalat fardhu lima waktu wajib dilaksanakan bagi umat Islam diseluruh belahan bumi manapun.

Shalat fardhu lima waktu

1. Shalat subuh
2. Shalat Dzuhur
3. Shalat Ashar
4. Shalat Maghrib
5. Shalat isya

Penjelasan dan waktu shalat fardhu

1. Shalat Shubuh secara harfiah mempunyai arti permulaan siang hari' dan disebutlah shalat itu dengan nama "Shubuh" karena dikerjakannya sewaktu tiba permulaan siang hari.
Pada shalat shubuh terdapat juga 5 waktu, sebagaimana yang terdapat pada shalat ashar, sebagai berikut
Pertama : Waktu yang utama, yaitu awal masuk waktunya shalat shubuh.
Kedua : Waktu Ikhtiar. tentang waktu ikhtiar ini, mushannif menerangkan didalam ucapannya :"Permulaan waktunya shalat shubuh itu semenjak munculnya fajar yang kedua (shadiq), sedangakhir waktu shalat shubuh didalam waktu ikhtiar ialah, sampai pada sa'at (hari mulai) terang".
Ketiga : Waktu Jawwaz. Mushannif memberi petunjuk tentang waktu jawwaz ini didalam ucapannya :"Akhir waktu shalat shubuh didalam waktu Jawwaz dengan disertai hukum Makruh, ialah hingga sampai mendekati sa'at terbitnya matahari.
Keempat : Waktu Jawwaz tanpa disertai hukum makruh. yaitu masuknya waktu shubuh hingga sampai pada sa'at munculnya warna merah (dilangit sebelum terbitnya matahari).
Kelima : Waktu Haram. Yaitu mengakhirkan shalat, hingga sampai pada sisa waktu, yang tidak muat untuk mengerjakan shalat shubuh.

2. Shalat Dzuhur : Imam Nawawi berkata : disebut shalat dzuhur, sebab shalat itu tampak terang (dikerjakan) pada tengah-tengah siang hari (siang bolong). Adapun waktu mulainya shalat dzuhur ialah, sa'at bergesernya, yakni condongnya matahari dari tengah-tengahnya langit, bukan menurut dasar penglihatan mata pada kenyataan perkara yang sebenarnya, tetapi (hanya berdasar) pada apa yang kelihatan tampak bagi (mata) kita saja.
Dan Condongnya matahari dari tengah-tengah langit itu bisa diketahui (dengan melihat) pindahnya bayang-bayang ke arah timur, setelah bayang-bayang pendek itu mengecil surut habis, hal mana itu sebagai pertanda atas puncak kenaikannya matahari.
Adapun akhir Waktunya shalat dzuhur ialah, ketika bayang-bayang setiap sesuatu telah menjadi sama sepadan dengan seuatu tersebut, hal mana bukan bayang-bayang sewaktu condongnya matahari. (Terjemah Fathul Qorib, Jilid I, Hal : 113-114).

3. Shalat Ashar : disebut Shalat Ashar sebab ia menyongsong datang waktu terbenamnya matahari.
Adapun permulaan waktu Shalat ashar ialah bertambahnya bayang-bayang melebihi diatas bayang-bayang yang sepadan dengan benda (bayang-bayang suatu benda sudah melebihi panjang atau besarnya benda tersebut).
Shalat Ashar itu mempunyai 5 (lima) Waktu:
Pertama : yaitu waktu yang utama, yakni mengerjakan shalat tepat pada awal waktu.(Terjemah Fathul Qorib, Jilid I, Hal : 114).

Kedua : yaitu waktu ikhtiar (longgar). Mushannif memberi petunjuk tentang waktu ikhtiar ini dengan ucapan beliau :" Akhir batas waktu ikhtiar dalam shalat Ashar ialah ketika sudah mencapai dua kali besar bayang-bayangsuatu benda.(Terjemah Fathul Qorib, Jilid I, Hal : 115).
Ketiga : Yaitu waktu yang masih dianggap boleh (ditolerir) mengerjakan shalat (waktu jawwaz). Mushannif memberikan petunjuk tentang waktu Jawwaz ini dengan ucapannya: "Waktu Jawwaz ialah, ketika sudah sampai datang waktu terbenam matahari".(Terjemah Fathul Qorib, Jilid I, Hal : 115).
Keempat : yaitu waktu yang masih dianggap boleh mengerjakan shalat, tanpa ada hukum makruh. yakni waktu semenjak dari menjadinya bayang-bayang, dua kali sepadan daripada bendanya, ingga sampai ke sa'at keluarnya mega kuning.(Terjemah Fathul Qorib, Jilid I, Hal : 115).
Kelima : Yaitu waktu haram mengerjakan shalat. yakni mengakhirkan waktu mengerjakan shalat hingga sampai pada sedikit sisa waktu yang tidak muat untuk digunakan mengerjakan shalat.(Terjemah Fathul Qorib, Jilid I, Hal : 115).

4. Shalat Maghrib, disebut shalat maghrib sebab dikerjakannya shalat maghrib itu adalah sewaktu matahari terbenam.
Adapun waktunya shalat maghrib itu cuma satu : yaitu waktu terbenamnya matahari, yakni secara keseluruhan (sampai pada) bundar-bundarnya matahari. Dan tidaklah (terapat konsekwensi hukum) apa-apa, masih berlangsungnya sorot sinar matahari, sesuadah terbenamnya matahari.
(andaikan terjadi matahari masih memancarkan sinar, sehabis terbenam, maka tidak mempunyai konsekwensi hukum apa-apa).
Dan waktu maghrib itu berlangsung) dengan kadar waktu cukup untuk mengerjakan adzan oleh seseorang.
dan dengan kaar seseorang mengerjakan wudlu atau tayamum, menutupi 'aurat, qamat untuk segera shalat dan (sekaligus) mengerjakan shalat sebanyak lima raka'at.(Terjemah Fathul Qorib, Jilid I, Hal : 116).

5. Shalat Isya, dikasrahkan kata 'ain, pada kata isya adalah sebuah nama bagi permulaan (munculnya) gelap malam. sedang shalat tadi disebut Isya, karena dikerjakannya sewaktu malam sedang gelap.
Permulaan awal waktu shalat Isya adalah ketika telah terbenamnya mega merah.
Adapun bagi Negara yang tidak mungkin mengalami terjadinya tenggelamnya mega (merah), maka waktu sa'at (dimulainya) shalat Isya bagi hak yang dimiliki oleh penduduk negeri tersebut, adalah sehabis tenggelamnya matahari, sa'at lewat masa, hal mana sedang tenggelam mega merah yang terdapat di negeri terdekat penduduk negeri tersebut diatas tadi. (jadi, sesudah tenggelamnya matahari, penduduk tersebut memperkirakan kira-kira sa'atkapan terjadinya tenggelam mega merah yang ada di negeri tetangga terdekat).
Pada shalat Isya terdapat dua waktu :
Pertama : Waktu ikhtiar (longgar) Mushannif : Akhir waktu shalat isya dalam waktu ikhtiar adalah berlangsung hingga sampai sa'at sepertiganya malam.
Kedua : waktu Jawwaz : yaitu berlangsung hingga sampai ke sa'at terbitnya fajar Shadiq. yaitu fajar yang tersebar luas cahaya fajarnya dalam keadaan melintang (antara arah selatan dan utara di bagian belahan langit sebelah timur).menuju ke arah atas langit.(Terjemah Fathul Qorib, Jilid I, Hal : 118-119).


Post a Comment for "Shalat Fardhu Lima Waktu"